March 31, 2018

4 Tips Dasar Mudah Untum Belajar Menari Bagi Pemula

Tidak semua orang memiliki bakat menari. Namun, ada juga sebagian orang yang terus berusaha dan bekerja keras berlatih untuk bisa menjadi seorang penari. Mempunyai bakat dalam menari pun kalau tidak dilatih secara serius juga tidak akan berkembang. Menari merupakan seni kreatifitas yang mengolah gerakan tubuh dalam bentuk gerakan. Menari memadukan wirama dan wirasa lembut, alunan langkah kaki yang serentak dan lekukan tangan yang lembut sesuai dengan irama. 

4 Tips Cara Menari dan Latihan Menari Bagi Pemula

Menari memerlukan pembawaan yang halus, namun tetap saja menari tidak semudah seperti kelihatannya. Anda dapat belajar menari sendiri dengan melihat video sebagai contoh, melalui buku petunjuk, atau Anda juga dapat mengikuti les khusus untuk menari. Apapun pilihan yang Anda ambil untuk belajar menari, berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar belajar menari Anda lebih mudah untuk dilakukan.

Tips ke 1: Pilih Jenis Tarian

Temukan jenis tarian yang Anda sukai. Terdapat banyak sekali jenis tari yang ada pada saat ini baik tarian modern maupun tarian daerah, jadi pastikan Anda mengetahui jenis tarian mana yang paling Anda suka. Cobalah fokus untuk mempelajari setidaknya dua hingga tiga jenis tarian sebelum Anda menentukan mana yang paling Anda sukai. Ini mungkin akan memakan waktu berbulan-bulan untuk mengetahui tarian mana yang paling Anda sukai,jadi jangan terburu-buru untuk memilihnya. Jenis-jenis menari yang populer pada saat ini adalah, Kontemporer, Ballroom, Latin, Hip Hop, Break Dance, Jazz, Lyrical, Balet, Swing, Salsa, Tango, dan tarian daerah lain. Untuk menentukan mana yang paling menarik perhatian Anda, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

Anda dapat mencari informasi secara daring, membaca buku, menonton televisi, atau film. Cari informasi yang relevan sebanyak mungkin mengenai tarian yang Anda sukai. Pelajari jenis tarian tersebut dari mulai sejarah dan asal usulnya, hingga cara untuk menarikannya. Perhatikan gerakan sederhananya. Sebelum Anda memutuskan untuk memilih jenis tarianyang Anda sukai, perhatikan gerakan sederhananya melalui video atau televisi. Setelah itu, cobalah untuk mengikutinya dan merasakan apakan Anda nyaman untuk melakukan setiap gerakan dalam tarian tersebut. Lakukan latihan beberapa kali sebelum Anda memutuskan untuk melanjutkannya atau tidak.

Baca majalah atau buku tari. Banyak toko buku menyediakan buku atau majalah tari. Anda juga dapat pergi ke perpustakaan sekitar untuk mencari informasi lebih lanjut mengenai jenis tarian yang Anda sukai. Atau Anda juga bisa meminjamnya kepada saudara atau teman Anda jika ada yang memilikinya. Bacalah beberapa kali lalu cobalah lakukan gerakan yang di contohkan dalam buku atau majalah tersebut. Lihat pertunjukan menari secara langsung. Anda akan merasa lebih tertarik kepada jenis tarian tertentu jika Anda melihat pertunjukannya secara langsung. Setelah itu Anda dapat melihat sebuah film berjenis tari atau musikal untuk lebih membantu Anda dalam memahami setiap gerakannya. Perhatikan setiap gerakan yang dipertunjukkan. Kemudian, cobalah untuk mengikuti gerakan yang dipertunjukan tersebut semampu Anda.
       
Beli sebuah DVD instruksi menari di toko khusus atau secara daring. Cobalah beli DVD instruksi khusus untuk pemula sebagai panduan Anda. Ketahui kelebihan dan kekurangan yang Anda miliki. Setelah Anda melihat contoh gerakan-gerakan dari tarian yang Anda sukai, cobalah ikuti lalu ketahui mana gerakan yang dapat Anda ikuti dengan baik mana yang tidak. Jika Anda mendapati satu gerakan yang Anda rasa Anda kurang bisa melakukannya, cobalah untuk terus mencobanya hingga Anda benar-benar dapat menguasainya.

Tips ke 2: Membuat Gerakan Menari Sendiri

Menari dengan gerakan sendiri. Pada saat Anda melihat video instruksi menari atau menonton sebuah film tari maupun musikal, mungkin Anda ingin bisa mengikuti semua gerakan yang disajikan. Namun, hal tersebut terlalu cepat bagi Anda yang notabennya merupakan seorang pemula. Pada saat Anda menemukan irama yang Anda sukai, cobalah untuk membuat gerakan tarian Anda sendiri mengikuti irama tersebut.

Pelajari dasarnya terlebih dahulu. Sebelum Anda benar-benar melakukan sebuah gerakan tarian (jenis apapun), cobalah untuk mengetahui langkah pertamanya terlebih dahulu, baik itu pemanasan atau hal lainnya sebelum Anda melanjutkan ke tahapan berikutnya. Mempelajari dasar dari suatu tarian yang ingin Anda pelajari akan menghindarkan Anda dari frustasi pada saat berlatih. Selain itu, hal ini juga akan membantu Anda untuk mengasah kemampuan Anda untuk gerakan selanjutnya.

Menari di tempat yang nyaman. Jika Anda ingin lebih menikmati pada saat Anda berlatih menari, cobalah untuk melakukannya di tempat yang Anda sukai baik Anda berlatih sendiri atau berlatih bersama orang lain. Hal ini akan lebih meningkatkan semangat Anda dalam berlatih menari. Mulailah menari sendiri. Dengan menari sendiri, Anda tidak akan terganggu oleh orang lain, yang mana hal tersebut akan membuat Anda semakin fokus untuk mempelajari gerakan tarian Anda. Setelah Anda cukup yakin untuk berlatih bersama orang lain, cobalah untuk menari bersama dua orang atau kelompok yang membuat Anda nyaman untuk melakukannya.

Dengarkan lagu. Anda mungkin memiliki lagu yang Anda sukai, dan pada lagu tersebut mungkin terdapat nada yang bagus untuk melakukan gerakan tarian. Cobalah dengarkan lagu yang Anda sukai dimana memiliki irama ceria sehingga Anda dapt ikut menari mengikuti nada dari lagu tersebut. Cobalah untuk menari secara bertahap, dimulai dengan menggerakan tangan Anda, lalu kemudian diikuti dengan menggerakan kaki Anda, hingga pada akhirnya seluruh tubuh Anda ikut bergerak mengikuti alunan nada dari lagu yang Anda dengarkan. Anda juga dapat melakukan gerakan yang sesuai dari lirik pada lagu yang Anda dengarkan tersebut.

Tips ke 3: Ikut Les di Kelas Menari

Bergabung dengan kelas menari di daerah Anda. Anda akan lebih baik untuk mempelajari sebuah gerakan tarian dengan dibimbing oleh instruktur profesional. Jangan takut untuk bergabung dengan kelas menari yang ada di daerah Anda. Cari informasi mengenai jenis tarian apa saja yang diajarkan di kelas tersebut, dan juga cari tahu berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk bisa mengikuti kelas tersebut. Ajak teman Anda untuk bergabung dengan Anda dalam kelas tari yang akan Anda ikuti. Hal tersebut akan lebih menyenangkan pada saat Anda berlatih dengan teman Anda.

Percaya diri. Ingatlah untuk selalu tersenyum pada saat Anda sedang berlatih maupun sedang dalam suatu pertunjukan. Jangan iri terhadap orang lain yang bisa melakukan gerakan tarian lain, Anda harus percaya diri dengan kemampuan yang Anda miliki. Saat Anda menari, tunjukanlah kreatifitas dan kebanggaan akan gerakan tarian yang Anda tunjukan. Jangan hiraukan apa yang dipikirkan oleh orang lain terhadap Anda, lakukanlah tarian semampu Anda.

Tips ke 4: Lakukan dan Terus Menari

Berlatih setiap hari. Semakin sering Anda berlatih, semakin baik gerakan tarian Anda nantinya. Buatlah jadwal untuk Anda berlatih sendiri setiap harinya. Berlatih sedikitnya 30 menit setiap harinya, lalu kemudian tingkatkan waktu berlatih Anda menjadi lebih lama.

Selalu gigih dan sabar. Menari bukanlah hal yang dapat dikuasai dalam satu malam saja. Anda harus terus berlatih dan terus belajar setiap harinya. Dengan menerapkan sikap yang tegas terhadap diri Anda sendiri, maka tidak mungkin suatu saat nanti Anda dapat menjadi inspirasi bagi orang lainyang ingin berlajar menari juga.

Saran
Jika Anda tidak memiliki cukup uang untuk bisa mengikuti kelas menari, Anda dapat berlatih dengan melihat video instruksi gratis yang tersedia di internet.

Perhatian
  1. Jangan melakukan gerakan tarian yang berbahaya kecuali Anda melakukannya di tempat yang aman dan Anda telah mempelajarinya dengan baik, karena jika tidak maka bukan tidak mungkin Anda akan terkena cidera.
  2. Bereskan tempat yang akan Anda gunakan sebelum Anda mulai berlatih menari, agar tidak mengganggu Anda pada saat berlatih.
  3. Hal yang paling baik adalah berlatih dengan seseorang yang telah ahli. Jika memungkinkan, ikuti kelas menari disekitar tempat tinggal Anda, karena guru menari Anda nantinya akan mengajarkan tarian sesuai dengan aturannya.
Masalahnya adalah bagi yang ingin menjadi penari, tidak boleh puas hanya belajar bagaimana menari. Mereka perlu belajar bagaimana merasakan musik dan menggunakan musik dan tubuh mereka untuk menceritakan sebuah cerita. Itulah yang menari adalah tentang. Tidak pelaksanaan bahkan gerakan rumit.

Tari harus menjadi pelampiasan emosi lebih dari apa pun. Ini adalah cara tari telah sepanjang sejarah. Hanya pada abad terakhir atau sehingga kita telah berubah tari menjadi sebuah olahraga ketimbang bentuk seni dan telah kehilangan sebagian dari potensinya sebagai hasilnya. Mereka yang benar-benar memahami bahwa tarian nyata menyampaikan pesan daripada memberikan gerakan namun merupakan keberhasilan yang hanya tidak dapat ditandingi.
Disqus Comments