March 25, 2018

Cara Latihan Menyanyi Untuk Mendapatkan Suara Merdu dan Tinggi

Memiliki suara yang merdu dan tinggi untuk bernyanyi adalah harapan setiap orang. Hampir semua orang tentu ingin dapat bernyanyi dengan suara merdu agar dapat dinikmati oleh orang banyak. Hanya segelintir orang yang memiliki bakat alami untuk bernyanyi di mana mereka tidak akan terlalu sulit saat bernyanyi. Tapi pada kenyataannya untuk sebagian orang yang tidak memiliki bakat bernyanyi tentu juga ingin dapat bernyanyi dengan merdu dan enak lagu yang mereka senangi.

Cara Bernyanyi dan Pola Latihan Untuk Melatih Suara Agar Merdu dan Tinggi

Setiap lagu memiliki nadanya sendiri, ada beberapa nada tinggi yang sangat sulit kita nyanyikan yang mungkin terasa sulit. Maka hal yang harus dilakukan adalah melatih diri anda untuk dapat bernyanyi dengan baik. Ada beberapa pola latihan yang bisa mengajarkan kita untuk bisa bernyanyi pada nada tinggi dengan baik. Berikut ini ada beberapa cara untuk melatih nada tinggi dalam bernyanyi yang bisa dilakukan:

1. Mengubah Gaya Hidup
Sebelumnya, jika Anda benar-benar ingin melatih nada tinggi maka sebaiknya ubah gaya hidup yang kurang baik untuk suara. Terapkan beberapa gaya hidup yang dapat menjaga dan merawat pita suara Anda.
  1. Rajin bangun pagi dan minum air putih hangat
  2. Hindari makan/minuman berlemak
  3. Perbanyak minum air putih
  4. Selingi dengan teh hangat untuk melemaskan pita suara
  5. Jangan memaksakan diri dengan terus menerus bernyanyi nada tinggi tanpa latihan yang benar. Bernyanyi nada tinggi berbeda dengan berteriak atau menjerit dengan keras.
  6. Biasakan olahraga seperti renang dan jogging untuk menambah stamina dan pernapasan.
  7. Berlatihlah dengan santai dan konsisten
2. Biasakan Pemanasan Suara
Sebelum latihan dan bernyanyi, biasakan untuk melakukan pemanasan suara dahulu. Hal ini bertujuan untuk merawat pita suara agar tidak tegang dan serak. Sehingga dalam jangka panjang, Anda terus dapat bernyanyi dengan suara yang semakin bagus. Caranya :
  1. Lafalkan huruf-huruf vokal a i u e o tanpa nada
  2. Lalu ulangi laga lafalkan huruf-huruf vokal a i u e o dengan nada
  3. Nyanyikan bunyi "ah", "mah", "doh", atau "mi', "mei", "mah", "mow", "mu" dalam oktaf rendah hingga oktaf tinggi dalam range vokal Anda
  4. Lakukan sebelum latihan selama beberapa menit saja agar pita suara relax (tidak tegang)
3. Melatih Pernafasan
Pernafasan memegang kunci dalam bernyanyi. Jika Anda ingin bisa bernyanyi dalam nada tinggi, maka Anda membutuhkan pernafasan yang panjang pula. Berikut ini cara melatih pernafasan Anda :
  1. Ambil nafas pelan-pelan selama 10 detik, lalu tahan nafas selama 10 detik dan keluarkan dalam 10 detik pula.
  2. Lakukan berulang kali dan tingkatkan interval waktu mengambil, menahan dan mengeluarkan nafas dalam 15 detik dan 20 detik.
  3. Hentikan dalam interval terkuat Anda dan latihlah terus, jangan memaksakan diri dalam interval yang lebih lama.
4. Meningkatkan Tenaga Vokal
Bernyanyi dengan nada tinggi berbeda dengan berteriak dan menjerit. Nada tinggi dapat diperoleh dengan meningkatkan tenaga vokal. Sehingga suara tetap enak didengar dan tidak merusak pita suara. Berikut ini beberapa cara meningkatkan tenaga vokal Anda.
  • Siapkan sebuah lilin yang menyala
  • Tiup lilin pada jarak 1,5 meter hingga padam, jika terasa berat Anda bisa mengurangi sedikit jaraknya
  • Lakukan 10-20 kali dalam 2 kali sesi latihan
  • Jika jarak 1,5 meter telah cukup mudah dilakukan, tambah jaraknya untuk meningkatkan tenaga vokal
  • Jangan memaksakan diri, lakukan dengan rileks

5. Mulai Bernyanyi
  • Selanjutnya mulai nyanyikan lagu yang mencapai oktaf tertinggi Anda. Ulangi beberapa kali sampai suara Anda terbiasa. Lakukan teknik bernyanyi ini dengan posisi badan yang benar dan teknik pernafasan yang telah dilatih. Nyayikan dengan lepas dan percaya diri.
  • Anda juga bisa mencoba dengan menyanyikan lagu dengan nada terendah Anda. Bernyanyilah dengan lepas dan tidak ditahan. Setelah itu, benyanyilah dengan nada yang lebih tinggi sampai range maksimal nada tinggi Anda.
  • Lakukan berulang kali hingga Anda terbiasa pada satu lagu. Lalu cobalah pada lagu lain yang memiliki nada tinggi yang hampir sama.
Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda pelajari dan lakukan untuk melatih vokal suara agar merdu dan enak didengar, setidaknya untuk orang terdekat sendiri.

Melatih Artikulasi (Pengucapan Kata Dengan Benar)

Mulailah melatih mengucapkan kata dengan jelas dan benar lanjut sampai mengucapkan kata yang rumit. Lakukan dengan kecepatan rendah lalu dilanjutkan dengan kecepatan yang lebih tinggi, sehingga Anda bisa mengucapkan kata yang benar dalam menyanyikan sebuah lagu.

Melatih Kekuatan Suara
Kekuatan suara berhubungan dengan pernafasan, jika pernafasan bagus, baik dan benar, maka kekuatan yang dikeluarkan dari suara bisa dilakukan. Kekuatan suara bukan berarti harus berteriak sekeras-kerasnya tetapi kejelasan suara yang perlu tetap terdengar jernih. Cara yang lain bisa Anda lakukan, cobalah meniup lilin dari jarak 1,5 meter hingga padam, lakukan 20-30 kali sehari untuk mendapatkan power vokal Anda.

Melatih Teknik Pernafasan
Tidak bisa dipungkiri, pernafasan yang baik mutlak diperlukan dalam bernyanyi. Salah satu teknik pernafasan yang paling efektif yaitu teknik pernafasan perut, bukan pernafasan dada. Tanda pernafasan perut yaitu ketika menarik nafas, perut mengembung, sedangkan pernafasan dada jika ketika nafas ditarik, yang mengembung adalah dada. Berikut ini cara melatih pernafasan perut:
  1. Siapkan posisi tubuh, bisa berdiri atau duduk bersila. Tegakkan punggung/badan.
  2. Tarik nafas dalam-dalam (dengan nafas perut), hitung hingga 10 detik. Pada hitungan ke-10, perut diusahakan full mengembung.
  3. Kemudian tahan nafas selama 10 detik. Dalam posisi perut full mengembung, tahan hingga perut terasa keras. Bisa dicek dengan  menekan perut yang mengeras.
  4. Kemudian keluarkan nafas perlahan-lahan melalui mulut selama 10 detik. Atur pengeluaran nafas seefisien mungkin dengan membuka sedikit saja mulut sampai hitungan ke-10 sambil membunyikan ”cesssss”
  5. Berikutnya, ulangi langkah 1-4 latihan ”tarik-tahan-keluar” tersebut dengan penambahan durasi waktu secara bertahap. Misalnya, dengan penambahan per 5 detik, menjadi 15, 20, 25,30 dst. hingga batas waktu terlama. 
  6. Jangan ragu mngulangi jika dalam satu durasi waktu masih dirasa berat.
Melatih Teknik VibrasiVibra adalah "membunyikan" suara. Vibra terjadi akibat adanya kontraksi pada pita suara. Contohnya pegang jakun atau tenggorokan tengah leher kalian sambil mengucapkan huruf-huruf seperti S, SH, F maka tidak ada getaran di jakun kita. Tapi coba kalau dengan huruf G, K, NG, dan "AHHH", maka akan ada getaran. Itulah awal proses asal mula vibrasi/ getaran. Berikut ini cara melatih vibrasi :
  1. Cobalah rileks
  2. Nyanyikan nada dengan benar dengan nada tinggi namun tidak perlu terlalu tinggi
  3. Rasakan udara yang mengalir dari dalam ke luar pita suara anda
  4. Rasakan pada getarannya
  5. Fokus dan coba untuk mendapatkan vibrasi alunan tersebut pada nyanyian secara natural. 
  6. Jangan dibuat-buat dengan menggerakkan bagian tenggorokan hingga bergerak secara berlebihan. Hal seperti ini malah akan menguras energi dan membuat suara tidak stabil.
  7. Jika sudah terasa vibrasinya. baru boleh digerakkan bagian dalam tenggorokan dengan seperlunya, tak perlu berlebihan. Tergantung ekspresi, alunan dan kebutuhan lagu.
  8. Ingat vibrasi yang baik itu adalah vibrasi yang terbentuk secara natural dengan getaran yang stabil. Jadi harus dilatih pelan-pelan.
Melatih Suara Tinggi
Tiap orang memiliki range suara yang berbeda-beda, range vokal standar penyanyi yaitu 3 oktaf. Meskipun ada juga orang yang memiliki range vokal di atas 3 oktaf, bisa sampai 4, 5, bahkan 6 oktaf. Namun, jangan khawatir karena tentu saja suara tinggi bisa dilatih. Berikut ini cara melatih suara agar tinggi :
  1. Lakukan pemanasan dengan cara melemaskan pita suara dengan menyanyikan bunyi "ah", "mah", "doh", atau "mi', "mei", "mah", "mow", "mu" dalam oktaf rendah maupun oktaf tinggi sesuai range vokal Anda.
  2. Lakukan latihan sesering mungkin, lebih bagus jika dilakukan setiap hari. Karena pita suara dapat kembali melempem/melemas jika tidak sering dilatih. Sarannya, lakukan latihan dengan piano atau keyboard agar nadanya lebih presisi.
  3. Nyanyikan satu lagu yang mampu mencapai oktaf tertinggi Anda. Ulangi lagu tersebut 2 sampai 3 kali. Sebaiknya dilakukan dengan santai, dan ambil napas secukupnya, dan bayangkan/konsentrasi kalo nada tinggi itu mudah dicapai. 
  4. Setelah mampu menyanyikan nada tinggi tersebut dengan baik, maka latihlah lagi dengan lagu lain yang nada tingginya kurang lebih sama dengan lagu sebelumnya.
  5. Nyanyikan satu lagu yang mampu mencapai oktaf terendah Anda. Ulangi lagu tersebut 2 sampai 3 kali. Jika menemukan kesulitan, coba nyanyikan "mah" atau "ah". 
Setelah mampu menyanyikan nada rendah tersebut dengan baik, maka latihlah lagi dengan lagu lain yang nada rendahnya kurang lebih sama dengan lagu sebelumnya.
Disqus Comments