March 23, 2018

Langkah-langkah Membuat Vlog Hingga Menjadi Vlogger

Vlogger baru-baru ini sudah banyak dikenal oleh kalangan masyarakat umum. Sehingga banyak vlogger baru bermunculan dengan karyanya yang biasa disebut video blog (vlog). Vlog diunggah oleh vlogger di situs video sharing contohnya YouTube. YouTube saat ini menjadi situs yang paling diminati untuk urusan vlog. 


Langkah-langkah Membuat Vlog Hingga Menjadi Vlogger


Banyak orang yang kini menjadi vlogger untuk sekedar profesi sampingan atau memang dijadikan sebagai profesi utama. Namun, untuk menjadi vlogger professional, tentunya tidak asal-asalan dalam membuat vlog. Vlog harus dibuat semenarik mungkin agar mendapatkan banyak viewers dan disukai banyak orang. Untuk membuat vlog yang menarik, tentu saja ada langkah-langkahnya. Nah, berikut ini mari kita simak langkah-langkah cara membuat vlog:

Tentukan Tujuan Membuat Vlog
Sebelum melangkah ke pembuatan vlog, pertanyaan ini harus anda jawab. Apa tujuan kamu membuat vlog? Apakah hanya untuk bersenang-senang atau memang ingin menjadi vlogger professional? Sudah saatnya kamu harus mengatur jadwal antara kegiatan vlog dan kegiatanmu yang lain. Jadi nantinya kamu bisa fokus dalam membuat vlog.

Tentukan Tema Vlog 
Sebelum Buat vlog pastinya kamu harus menentukan bahasan apa dalam vlog kamu nanti. Pilihlah kategori yang kamu sukai dan sekiranya kamu mampu, agar nanti kamu bisa secara rutin terus berkarya dalam Buat vlog. Ini karena jika kamu memilih kategori yang di luar kemampuanmu kemungkinan lama-lama kamu akan bosan dan kesulitan dalam Buat vlog.

Buat Channel Video
Buatlah nama channel vlog yang mewakili topik atau ide-ide dan kategori vlogging yang kamu pilih di situs YouTube. Nama channel vlog juga akan mempengaruhi ketertarikan viewers untuk melihat vlog kamu. Nama channel vlog harus benar-benar kamu pikirkan agar di masa mendatang kamu tidak menyesal telah membuat nama channel itu. Hubungkan channel YouTubemu dengan Google AdSense (Ads) karena itulah sumber untuk menghasilkan uang.

Memilih Peralatan Seperti Recorder atau Kamera
Untuk menghasilkan vlog dengan kualitas yang bagus, pastinya vlogging dengan menggunakan kamera yang bagus. Sebaiknya pilihlah kamera dengan kualitas HD, karena YouTube sudah bisa menampilkan video dengan kualitas HD bahkan 4K. Jadi kamera HD adalah syarat minimum. Dengan menampilkan video dengan kualiatas HD, maka penonton yang jaringannya lambat bisa dengan mudah menonton video dengan kualitas rendah. Sebaliknya penonton yang jaringannya lancar bisa menonton video dengan kualitas HD. Jangan khawatir, jaman sekarang ini kamu bisa mendapatkan kamera dengan kualitas HD seharga 1-3 juta. Sekarang ini banyak kamera saku atau bahkan handphone yang sudah mempunyai kualitas HD. Anda juga bisa gunakan peralatan mendukung lainnya yang mempermudah sekaligus membuat vlog menjadi berkualitas.

Berlatih Kegiatan Vlog 
Langkah selanjutnya yang kamu lakukan adalah berlatih vlogging, yaitu berlatih berbicara di depan lensa kamera dan menyampaikan bahasan di setiap kegiatan yang kamu jadikan vlog. Pilihan kata, gaya bicara, dan intonasi bicara harus diperhatikan agar penonton mengerti apa maksud dari yang kamu sampaikan. Yang terpenting adalah buatlah penonton terhibur, tidak merasa bosan, dan mengerti apa yang kamu sampaikan. Pencahayaan juga harus kamu perhatikan. Video dengan pencahayaan yang tidak bagus atau terlihat gelap pastinya akan Buat penonton merasa tidak nyaman dan bosan. Jika kamu berada di dalam ruangan dengan cahaya yang minim, kamu bisa menyalakan semua lampu atau bisa juga menggunakan bantuan perangkat pencahayaan. Cobalah untuk mengambil gambar dengan menggunakan kamera dari berbagai posisi sampai kamu menemukan posisi yang pas untuk mendapatkan gambar yang bagus. Jangan lupa untuk mengecek settingan ISO jika gambar kurang terang, atau apakah suara kurang keras. Dengan terus mempelajari kamu semakin lama akan semakin mahir.

Memoles (edit) Video atau Audio
Setelah kamu merekam semua kegiatan untuk vlogmu, langkah selanjutnya yang kamu lakukan adalah mengedit video. Dalam hal editing video, kemungkinan ada beberapa hal yang kamu lakukan, misalnya crop video, transisi video, memberikan efek-efek tertentu, memberi gambar-gambar supaya terlihat menarik, dan lain-lain. Saat kamu pertama kali akan mengedit video, mungkin kamu binging software apa yang akan kamu gunakan dan bagaimana cara menggunakan software itu. Ada beberapa software editing video yang bisa kamu gunakan, yaitu Adobe Premiere, Sony Vegas, dan Final Cut Pro. Kamu tidak perlu bingung bagimana cara menggunakan ketiga software tersebut. Ketiganya sama, hanya penempatan tool-tool editingnya saja yang berbeda. Jika kamu masih bingung kamu bisa melihat tutorial editing video. Kamu bisa mencarinya di YouTube. Selanjutnya, cobalah melihat beberapa vlog orang lain, sehingga kamu akan tahu apa saja yang harus diperbaiki dari vlogmu itu. Untuk bagian audio, kamu perlu menambahkan backsound agar vlogmu tidak terlihat garing dan penonton tidak merasa bosan hanya disuguhi ocehanmu. Gunakan audio yang free copyright atau tidak berhak cipta, jadi kamu bisa bebas menggunakan audio tersebut tanpa harus takut nantinya ada peringatan. Cobalah untuk selalu bereksperimen dalam mengedit video sehingga nanti lama-kelamaan kamu akan semakin mahir. Jangan lupa untuk memperhatikan audio juga, apalagi saat kamu vlogging di luar ruangan atau di tempat yang ramai. Karena jika audionya tidak bagus, penonton tidak mendengar apa yang kamu bicarakan sehingga mereka akan bosan menonton videomu. Mungkin kamu pernah melihat vlogger yang sedang vlogging di luar ruangan, mereka selalu memegang handphone dan memakai headset, itu adalah alat perekam yang mereka gunakan di luar ruangan agar suara terdengar lebih jelas. Kamu juga bisa menggunakan audio record eksternal agar suara benar-benar bersih dan jelas.

Unggah Video Secara Terjadwal di YouTube 
Setelah kamu selesai mengedit video dan menurutmu sudah bagus, unggah videomu ke channel YouTube yang sudah kamu buat. Dan langkah selanjutnya, kamu bisa promosikan vlogmu dengan cara share video di sosial media seperti Facebook, Twitter, Path, Instagram, dan teman-temanmu yang akan menjadi penonton vlogmu.
Disqus Comments