May 29, 2013

Tips Mengurangi Rasa Pahit di Lidah atau Tenggorokan Saat Demam

Tips Mengurangi Rasa Pahit di Lidah atau Tenggorokan Saat DemamMemang demam sangat mengganggu. Kita pasti sudah pernah merasakan demam. Demam adalah suatu bagian penting dalam mekanisme pertahanan tubuh dalam melawan infeksi. Dengan meningkatkan suhu tubuh beberapa derajat akan membantu tubuh memenangkan perlawanan dalam melawan infeksi.

Pernahkah anda merasakan pahit di lidah pada saat demam? Mungkin ada yang menjawab “tidak pernah” atau “pernah”. Pada saat demam kadang-kadang muncul rasa pahit lidah dan menyebabkan semua makanan terasa pahit.

Dikutip dari “The Breath” air liur sangat penting untuk melarutkan makanan agar dapat dirasakan oleh lidah. Bila air liur berkurang karna berbagai hal, maka oksigen juga akan kurang. Kurangnya oksigen akan memicu pertumbuhan bakteri anaerob yang merupakan penyebab dari sensasi pahit di lidah. Rasa pahit ini cukup mengganggu bagi penderita demam termasuk saya sendiri yang pernah merasakannya. Bagaimana dengan anda?

Selain membuat makanan menjadi terasa pahit, ada akibat lain yang dapat timbulkan dan akan sangat sering terjadi pada penderita yang kehilangan nafsu makannya akibat rasa pahit tapi tidak mampu memaksakan diri untuk tetap mengkonsumsi makanan sebagaimana mestinya.
Akibat itu antara lain:

1) Menurunnya daya tahan tubuh sehingga tubuh akan semakin mudah terserang penyakit lain. Mengapa? Makanan merupakan sumber gizi yang diperlukan tubuh yang di dalamnya terdapat berbagai zat yang diperlukan tubuh seperti mineral, protein, karbohidrat, dan vitamin. Zat- zat ini sangat diperlukan untuk memperkuat daya tahan tubuh. Namun rasa pahit yang muncul saat demam membuat nafsu makan berkurang sehingga asupan gizi yang bersumber dari makanan juga berkurang. Akibatnya daya tahan tubuh semakin menurun dan penderita akan semakin mudah terserang penyakit lain.

2) Dapat menghambat proses penyembuhan. Mengapa? Obat ada yang diminum sesudah makan. Apabila penderita demam kehilangan nafsu makan dan tidak mau mengkonsumsi makanan, maka obat juga tidak bisa diminum karena biasanya obat yang diminum setelah makan tidak dapat bekerja dalam keadaan asam lambung yang tinggi. Pada saat perut kosong atau sebelum makan asam lambung relative tinggi. Bila obat sampai tidak diminum, tentu proses penyembuhan akan terhambat.
Disqus Comments