May 28, 2013

Cara Bermain dan Belajar Harmonika Dasar Bagi Pemula

Cara Bermain dan Belajar Harmonika Dasar Bagi Pemula - Seoanthrax - Memang alat yang satu ini sudah kecil bisa mengeluarkan suara yang bagus pula. Harmonika adalah sebuah alat musik yang paling mudah dimainkan. Hanya tinggal meniup dan menghisapnya harmonika akan mengeluarkan suara yang cukup bagus.

Cara Untuk Bermain dan Belajar Harmonika Dasar Bagi Pemula

Harmonika berasal dari alat musik tradisional China yang bernama 'Sheng' yang telah digunakan kira-kira 5000 tahun yang lalu sejak kekaisaran Nyu-kwa.

Harmonika modern ditemukan pada tahun 1821 oleh Christian Friedrich Buschmann. Sebuah instrumen musik tiup sederhana yang terdiri dari plat-plat getar dari logam yang disusun secara horizontal dengan desain yang kurang baik dan hanya menyediakan nada tiup kromatis.

Desain awal dari Buschmann akhirnya banyak ditiru dan dimodifikasi menjadi lebih baik. Salah satu contohnya adalah harmonika buatan Richter yang merupakan desain awal dari sebuah harmonika modern.

Dalam belajar Harmonica sobat tentu harus tahu bagaimana Nada -Oktaf Alat Music ini.Mencari-cari tutorial Harmonica Chromatic 24 lubang ternyata susah juga. Kebanyakan tutorial yang ada adalah Harmonika 10 lubang dengan nada do terdapat di lubang ke 4.

Akhirnya saya coba-coba sendiri saja, nggak tau benar atau tidaknya, tapi menurut saya pribadi benar. 24 lubang itu terdiri atas 3 oktaf, dari do buaawah nyampe do tuinggi. Kelebihan Harmonica Chromatic, hanya dengan menekan tombol yang ada di sisi kanan, maka nada bisa naik setengah tingkat.

Karena ada 24 lubang dan 3 oktaf maka dapat disimpulkan dalam satu oktaf terdapat 8 lubang. Lihat gambar!. Dari gambar itu memang tidak pas banget dengan kenyataan, kita harus menata benar dimana letak bibir dan lubang Harmonika agar suara yang dihasilkan ketika ditiup atau di hirup sesuai dengan nada-nada yang kita harapkan.

Walaupun ada situs penyedia tab Harmoica (harptab) namun saya tidak begitu menyukai situs-situs semacam itu, karena angka tab-nya secara otomatis tidak sesuai dengan Harmonika saya alhasil saya harus memikirkan kalau 4 itu adalah do, -4 itu adalah re dan seterusnya. Ahaa saya pikir mendingan membaca menggunakan not angka malah lebih simple. Yang penting untuk not angka yang menggunakan bilangan-bilangan genap 2(re),4(fa),6(la) harus di hirup sedangkan untuk bilangan-bilangan ganjil kecuali 7 (si) harus di tiup. Karena nada 7 harus di hirup.


Cara Mudah Bermain Harmonika Dasar bagi Pemula
Sebelum itu teman-teman dapat berlatih lagu Helli Anjing Kecil ini.

TH  T T   H  T    H H  H  T H  H T  H T
32  1 3   2  1   .7 2  4  3 2  4 3  2 1
Aku punya anjing kecil ku beri nama heli

TH  T T    H  T  H H H  H  T   H  H  T   H   T
32  1 3    2  1 .7 2 2  4  3   2  4  3   2   1
Dia senang berlari-lari sambil bernyanyi-nyanyi

T H  T H T  TH  H T  H T
1 4  1 2 3  12  2 1  2 3
Heli kemari ayo lari-lari

T H  T H T  TH  H T  H T
1 4  1 2 3  12  2 1  .71
Heli kemari ayo lari-lari

Berikutlah tips menarik alat musik harmonika ini salut terus buat music Indonesia. Semoga bermanfaat untuk teman-teman.
Disqus Comments