May 28, 2013

Tips Untuk Mengendarai Mobil Matic Supaya Aman

Tips Untuk Mengendarai Mobil Matic Supaya AmanCara membawa atau mengendarai mobil matic tidak lah sesulit membawa mobil manual. Soalnya matic hanya mengatur rem saja dan tidak perlu lagi mengatur gigi karna sudah di rancang khusus. Bagi sobat yang biasa mengendarai mobil manual, tentu tidak mengalami kesulitan ketika mengendarai mobil matic.

Namun, jangan salah, ada beberapa orang yang karena terbiasa menggunakan kaki kirinya saat mengendarai mobil manual, ketika mengendarai mobil matic kaki kiri tersebut digunakan untuk menginjak rem yang dapat berakibat ‘fatal’ jika diinjak. Kenapa bisa fatal? Secara alami, bagi sobat yang biasa menggunakan mobil manual, kaki kiri digunakan untuk menekan pedal kopling yang membutuhkan tenaga cukup kuat dengan sedikit sentuhan rasa serta timing yang tepat ketika melepasnya.

Karena kaki kiri biasa menginjak dengan kuat, ketika menginjak rem menggunakan kaki kiri di mobil matic yang tidak membutuhkan kekuatan atau tenaga lebih akan kuat juga, maka mobil akan terhenti secara mendadak dengan hentakan yang cukup kuat. Itu yang saya maksud fatal tadi. So, jangan gunakan kaki kiri untuk menekan pedal Rem ya? Bisa fatal akibatnya. Trust me, it works.
 
Berhenti mendadak seperti itu, sangat tidak disarankan ketika berkendara di jalan raya karena dapat membahayakan pengguna lain yang berada di belakang mobil sobat. Terkecuali memang sedang dalam kondisi yang genting baru sobat boleh berhenti mendadak. Oke, sekarang saya akan berbagi pengalaman cara mengendarai mobil matic.

Cara Mengendarai Mobil Matic:

  1. Hidupkan mesin kendaraan sobat.
  2. Injak pedal Rem menggunakan kaki kanan. Ingat ya? Kaki kanan, jangan kaki kiri.
  3. Pindahkan tuas Transmisi ke D4 untuk maju dan R untuk mundur.
  4. Perhatikan kanan kiri sobat dan bersiap untuk maju atau mundur.
  5. Lepaskan pedal Rem yang sedang diinjak oleh kaki kanan secara perlahan dan pindahkan kaki kanan ke pedal Gas.
  6. Injak pedal Gas secara perhalan. Ingat, perlahan ya? Jangan cepat-cepat! Nanti mobilnya bisa terbang. 
Catatan: Cara mengendarai mobil matic di atas menggunakan mobil Daihatsu Sirion bertransmisi otomatis. D4 untuk maju dan R untuk muncur. Untuk mobil lain silahkan perhatikan buku petunjuk mobil sobat.

Demikianlah tips dan tricks cara mengendarai mobil matic, semoga bermanfaat dan dapat membantu teman-teman Seoanthrax untuk belajar mengendarai mobil matic. Kalau belum punya pinjem aja dulu hahaha.
Disqus Comments